Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIME MANAGEMENT TIPS FOR WORK-AT-HOME MOMS

 photo Time_Management_Tips_zpsqdb63fje.jpg
Sejak jadi ibu, kerja di rumah itu jadi tantangan baru yang setiap hari menantang dan seru banget! Serunya karena saya jadi belajar pintar-pintar mengatur waktu, plus harus disiplin dan juga multi-tasking ngerjain ini itu. Awalnya saya juga keteteran banget kerja di rumah sampai agak ngerasa desperate karena nggak punya waktu me-time dan waktu kerja yang proper saat Aura masih berusia 3-4 bulan.

Saya langsung berguru dengan kakak ipar saya, teteh Keke, Yasmin dari Wangsa Jelita dan tentunya Diana Rikasari. Banyak tips yang saya dapat dari mereka, contohnya seperti Yasmin yang bisa bekerja selama 4 jam setiap hari dan tetap membagi waktu untuk anak laki-lakinya. Yasmin memilih kerja pagi-pagi dan sisa harinya dihabiskan untuk mengurus anaknya. Kalau teteh Keke dan Diana juga mirip-mirip cara kerjanya, banyak curi-curi waktu saat anak tidur.

Saya juga juggling setengah mati untuk mendapatkan waktu me-time untuk menulis dan bekerja di rumah. Setelah berbagai trial and error, akhirnya saya menemukan cara saya sendiri yang paling nyaman dan efektif untuk bekerja di rumah. Berikut tipsnya, semoga berguna untuk para work-at-home moms atau stay-at-home moms yang baru mau mulai bekerja di rumah! ;)

Set Your New Working Hour
Sebelum jadi ibu, saya bekerja 9 to 5 mengikuti layaknya pekerja kantoran. Tapi sekarang justru susah banget untuk mengikuti jam kantor, jadi saya memilih bangun lebih pagi sekitar jam 4.30-5.30 pagi untuk menulis dan mengerjakan hal-hal yang jadi prioritas. Biasanya sekitar jam 8 pagi, Aura Suri bangun dan saya menyiapkan sarapan dan makan siangnya di dapur. Saat Aura tidur siang dan sore, saya curi-curi waktu untuk menulis, foto atau mengerjakan hal lainnya. Saya memilih bangun pagi karena kalau malam biasanya udah capek dan begadang tentunya nggak baik untuk kesehatan – yang jelas tidur cukup penting untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Set Your Priority, Schedule and Stick to It!
Seperti yang pernah saya bilang di tulisan saya sebelumnya, setiap ibu punya standarnya masing-masing dan kadang kita ‘memaksa’ diri untuk mengerjakan semua hal dalam waktu bersamaan. Kenyataannya? Saya gak bisa! Jadi setiap pagi saya menulis prioritas yang harus dikerjakan hari itu dan fokus saat mengerjakannya. Kadang kalau kebanyakan to-do list malah nggak kelar-kelar kerjaannya hihihi.

Ask For Help
Ada hari-hari dimana biasanya kita kewalahan saat pekerjaan datang mendadak, atau pas anak sakit. Ask for help! Ntah minta tolong dengan orang tua, mertua, suami atau bahkan sahabat.

Spend A Quality Time With Your Partner, Family and Other Moms
Setiap seminggu 1-2x saya dan suami selalu quality time dengan keluarga sekedar temu kangen. Saya sendiri setiap seminggu 1x bertemu dengan Anya dan Sada, sedangkan 1x dalam seminggu saya datang ke event-event walaupun kadang harus sambil bekerja. Tapi buat work-at-home mom seperti saya, pergi keluar rumah aja udah senang banget padahal cuma ke supermarket hihihi.

Reward Yourself
Ada masa-masanya saya bisa dua minggu gak pergi-pergi bahkan me-time di rumah aja nggak sempat. Biasanya saya reward diri sendiri dengan memanjakan diri dengan panggil servis massage, delivery martabak, manicure pedicure di rumah, pasang eyelash extension atau beli skincare baru di e-commerce favorit saya. Penting untuk mereward diri sendiri (asal masih masuk budget) supaya tetap ‘waras’ di rumah hahaha.

Set Your Work Outfit
Biasanya kalau rasa malas mulai datang, saya langsung buka lemari dan memakai baju pergi untuk mengatasi masalah ini. Justru yang bikin malas-malasan karena kita kerja pakai piyama, daster atau kaos bolong-bolong yang nyaman banget untuk tidur. Tapi pas pakai pakaian kerja, malah jadi mood booster apalagi kalau kita berdandan. Sekalian bisa sambil nyoba lipstik baru biar nggak mubazir hihihi.




Semoga menginspirasi! Kalau ada pertanyaan langsung tulis komen di bawah artikel ini aja, thanks for reading and watching!

Read more: Your Perfect Productive Day

Photo by Sabila Anjani, manicure by Two Cents
Video produced by AVENU

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

Posting Komentar untuk "TIME MANAGEMENT TIPS FOR WORK-AT-HOME MOMS"