Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA SORE | IT'S BEEN A ROUGH WEEK #1

 photo DSCF9401_zpsawalfyaf.jpgIt’s been a rough week for me.. Seminggu terakhir anggota keluarga saya jatuh sakit, termasuk suami dan Aura. Rasanya patah hati banget kalau liat suami dan anak sakit, apalagi sakitnya di saat yang bersamaan. Alhamdulillah, satu-satunya orang yang sehat sendiri di rumah cuma saya. Mertua saya juga flu dan batuk-batuk. Mama dan Papa juga flu sampai demam-demam segala. Semua orang bener-bener lagi sakit, saya pun langsung minum vitamin dan makan yang cukup supaya tetap fit dan ngurusin suami dan Aura.

Jadi satu-satunya orang yang sehat saat semua jatuh sakit, cukup bikin saya kewalahan apalagi si mbak harian yang selalu bantu-bantu beres-beres rumah, ikutan nggak masuk karena sakit plus kena banjir. Lumayan deh, 2 minggu tanpa ART. Gempor juga.

Kondisi cuaca 3 minggu belakangan ini benar-benar nggak bisa diprediksi ya, kalau lagi hujan bisa nggak berhenti sampai semalaman. Eh, tiba-tiba besoknya panas. Untungnya saya dan Abenk lagi gak banyak kegiatan di akhir bulan Februari lalu. Jadi benar-benar bisa istirahat total di rumah. Maklum, kami kalau sakit udah gak pernah minum obat. Jadi hanya mengandalkan honey-lemon-ginger in a jar, sup ayam kampung (resepnya ada di sini) dan istirahat total di rumah.

 photo DSCF9220_zpskdbnvvhu.jpg

Di minggu yang lalu, suami saya juga berulang tahun. Gak enaknya, ulang tahun tapi badannya belum fit. Jadi ulang tahunnya Abenk dalam dua tahun terakhir, Abenk malah sakit hehe. Kami sekeluarga lunch bareng di Merah Delima. Kebetulan adik saya, Anissa, dan Abenk ulang tahunnya hanya beda satu hari saja. Sedangkan adik saya satu lagi, Andy, ultahnya seminggu lebih dulu dibanding Abenk dan Anissa. Jadi setiap tahun kita ngerayain ultah si pisces-pisces ini berbarengan.

***

Minggu ini, suami sudah pulih dan Aura juga mulai berkurang melernya. Tapi ada satu concern kami, yaitu tiba-tiba Aura konstipasi dan cukup drama untuk saya. sejak hari Senin kemarin, Aura udah nunjukin tanda-tanda mau BAB tapi keluarnya cuma sedikit banget. Lalu Aura terus ngeden seharian, saya udah pikir ini pasti konstipasi yang parah banget. saya langsung nelfon sahabat saya, Anya, nanya ini itu karena anaknya Anya juga beberapa kali pernah konstipasi.

Saya udah nyoba pijit ‘I Love You’ ke Aura, tapi rupanya gak ngaruh. Satu-satunya hal yang terpikir oleh saya selain ke dokter, hanya Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize). Malam-malam saya langsung pesan ke teman saya setelah browsing-browsing, untungnya teman saya capcus mau antar pakai jasa Gojek keesokan paginya. Menurut beberapa testimoni yang saya baca dari hasil googling, dengan mengoleskan DiGize yang sudah dicairkan (dilute) pada perut dan telapak kaki anak yang sedang konstipasi justru lebih berhasil dari pada cara-cara lainnya.

Besoknya, saat DiGize datang, saya langsung mengoleskan ke perut Aura. Kira-kira satu jam kemudian, akhirnya Aura berhasil BAB tapi hanya sedikit dan pup-nya terlihat keras banget. Ada darah sedikit karena (maaf) lubang anusnya terluka karena dipaksa untuk ngeden. Aura jerit-jerit nggak karuan, mukanya sampai merah karena harus ngeden dan badannya keringetan sampai basah kuyup. Waktu saya ngeliat Aura berusaha pup dan teriak-teriak, tangan saya sampai gemeteran karena bener-bener kasian banget liatnya. Jadi waktu Aura nangis-nangis saya ikutan nangis sambil berusaha nenangin Aura, mana saat itu bener-bener gak ada orang di rumah jadi gak ada yang bisa dimintain tolong. Ini saya nulisnya aja sambil menitikkan air mata karena kalau ingat kejadian kemarin masih sedih.

Habis berhasil BAB, Aura keliatan kecapean walaupun ia masih ceria. Habis BAB yang pertama, saya langsung olesin DiGize lagi. Aura dieeeeem aja seharian. Ia keliatan lebih manja dengan saya, nemplokin saya seharian dan gak mau ditinggal sebentar aja. Satu jam kemudian, DiGize berkerja lagi. Kali ini saya lagi masak sambil gendong-gendong Aura, terus Aura jerit lagi. Eh bener dia BAB, tapi kali ini saya lebih tenang.

 photo DSCF9453_zpsjkr4pqyq.jpg
Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize), Respiratory Congestion (R.C.) dan secangkir teh hangat jadi andalan saya selama musim sakit.

Setelah suasana lebih tenang saya nelfon suami saya, yang kebetulan kemarin lagi di Bandung untuk promo single terbarunya “Sekarang”. Saya nangis banget, antara kecapean setelah seminggu lebih, stress dan kasihan sama Aura. Pas lagi nangis-nangis, Aura cuma diem ngeliatin saya sambil monyong-monyongin bibirnya hihihi. Untungnya setelah dua kali BAB, Aura mau makan walaupun saya gak maksain makan. Walaupun kejadiannya lumayan drama, saya tetap menjalankan baby-led weaning karena Aura gak pernah mau disuapin.

Pas jam tidur sore, saya tetap pijitin Aura supaya bisa pup lagi. Saya ikut tidur karena capek dan ternyata-OH-ternyata… Saya datang bulan setelah sekian lama nggak menstuasi. Amblarrr deh badan! Pantes rasanya capek dan emosional banget, plus badan sakit-sakit semua. Setelah bangun tidur, Aura berhasil pup lagi kali ini terlihat normal-normal aja dan gak pakai jerit-jerit. Mukanya keliatan agak risih tapi Aura keliatannya bisa handle itu.

Lega banget akhirnya konstipasinya Aura selesai, tapi giliran saya yang gak fit udah tiga hari ini. Perut rasanya masih mules-mules dikit, pinggang sama betis rasanya pegel banget. Mata tuh rasanya sayup-sayup terus (salahkan cuacanya dong ah), bawaannya pengen tidur terus. Ntah kenapa, setiap hari kerja saya selalu memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan menulis atau membuat creative content.

Tapi pagi ini, saya teringat dengan obrolan saya dengan suami. “Yang bikin kita capek itu, karena kita tuh punya standar buat diri kita sendiri. Kayanya semua yang kita lakuin itu keharusan. Harus ngerjain ini, harus ngerjain itu. Padahal gak harus. Itu yang selalu bikin kita capek dan stress.”

Bener juga sih :) Apalagi ibu-ibu ya, kan selalu punya standar masing-masing dalam hal ngurus anak dan urusan domestik. Hihihihi..

Minggu lalu dan awal minggu ini memang berat untuk saya. Tapi saya yakin, hari-hari berikutnya pasti akan lebih baik lagi.. Walaupun roman-romannya badan saya butuh istirahat lebih nih sekarang. Stay healthy everyone!

See More: #JurnalAbenkAlter 014 - Birthday
 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

Posting Komentar untuk "CERITA SORE | IT'S BEEN A ROUGH WEEK #1"